Kamis, 17 Oktober 2013

Makalah Kewirausahaan Brem Madiun




MAKALAH



PENGANTAR BISNIS
Bisnis brem yang menjanjikaN

Disusun oleh:
Kiki Dwi Anjani
NPM : 11.241.008

Prodi Ekonomi Akuntansi
Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
IKIP PGRI MADIUN
Jalan Setia Budi No.85 Madiun Jawa Timur
Phone:(0351)462986 Fax.(0351)459400
Tahun Akademik 2011/2012



KATA PENGANTAR
          Puji syukur kehadirat Allah SWT ,yang telah memberikan rahmatnya sehingga kami dapat menyelesaikan  Tugas Makalah Pengantar Bisnis,dengan judul “Bisnis Brem yang Menjanjikan”.
          Ucapan terima kasih kami haturkan kepada:
1.Orang tua kami yang telah memberi motivasi penuh kepada kami.
2.Ibu Elva Nuraina, S.E, M.Si selaku Kepala Program Studi Pendidikan Ekonomi.
3.Bapak Anggita Langgeng Wijaya, S.E, M.Si,Ak selaku Dosen Pengantar Bisnis.
4.Teman-teman yang turut mendukung kami,baik ekonomi akuntansi maupun ekonomi koperasi.
5.Serta pembaca dari pihak Intern maupun Ekstern.
Dari penyusunan makalah ini tentu saja masih banyak kekurangannya,maka dari itu kami mengharapkan adanya kritik maupun saran yang membangun,agar dapat manjadi pedoman kami semua dalam penyusunan selanjutnya,mudah-mudahan saja apa yang dapat kami tulis ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Madiun,     Oktober 2011





                                                DAFTAR ISI

Halaman  Judul                                                                              
Kata Pengantar                                                                                                      
Daftar Isi                                                                                                                  
BAB I              PENDAHULUAN                                                                             
                        A.Latar Belakang Masalah                                                          
                        B.Rumusan Masalah                                                                     
                        C.Tujuan Penulisan                                                                                   
BAB II PENJELASAN                                                                                                           
                        A.Deskripsi Usaha                                                                         
                        B.Analisis Pemilihan Produk                                                                   
                        C.Analisis Pemasaran
                        D.Analisia Operasional
                        E.Analisis Peluang Pasar dan Pesaing                                      
                        F.Analisis Keuangan
                       
BAB III            KESIMPULAN







                                                BAB I
                                      PENDAHULUAN
A.Latar Belakang Masalah
            Saat ini masyarakat kita sedang berada pada dinamika masyarakat modern.Masyarakat tersebut ditinjau dari seluruh aspek kehidupan,baik perkembangan dalam bidang ekonomi,politik,sosial,maupun budaya.Dampak positif dari perkembangan tersebut yaitu kita semua dapat mengenal dunia luar dan menambah wawasan yang dikarenakan oleh kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).Selain itu kita dapat mempelajari budaya-budaya baru yang masuk ke negara kita.Dampak negatif dari perkembangan tersebut yaitu masyarakat mulai meniru cara maupun gaya dari negara lain(westernisasi),lebih banyak masyarakat desa melakukan urbanisasi untuk mencari pekerjaan dikota.
            Dalam bidang ekonomi era modernisasi dan globalisasi mengakibatkan banyak pasar-pasar modern yang berkembang dan mengancam keberadaan pasar tradisional.Hal tersebut sangat merugikan mesyarakat menengah kebawah.Dampaknaya yaitu membuat masyarakat menjadi konsumerisme yaitu keinginan yang ingin membeli barang yang ngetrand namun penghasilan yang dimiliki tidak sesuai.Akhirnya timbul hedonisme guna memenuhi hidup konsumerisme.
            Dengan demikian maka penulis tertarik untuk melakukan usaha bisnis jajanan.Usaha yang dimaksud yaitu usaha Brem yang merupakan makanan khas dari Madiun yang banyak diminati oleh banyak orang dari masyarakat Madiun maupun masyarakat di luar Madiun.Oleh karena itu usaha brem dipilih manjadi usaha yang menjanjikan karena peminatnya cukup banyak dan dari berbagai golongan masyarakat serta harga brem yang sangat terjangkau.Sasaran pasar penjualan brem adalah warung,toko,kantin,swalayan,dan utamanya para masyarakat luas.
B.RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan pada latar belakang masalah,maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
1.Bagaimana cara membuat Brem dengan memakai beras ketan putih?
2.Apakah bisnis Brem dapat diterima oleh masyarakat dan diminati oleh masyarakat ?

C.TUJUAN PENELITIAN
1.Salah satu tugas Pengantar Bisnis dengan Dosen Bapak Anggita Langgeng Wijaya, S.E, M.Si,Ak
2.Untuk mengetahui bagaimana cara pembuatan Brem
3.Untuk mengetahui apakah usaha bisnis Brem dapat diterima masyarakat dan diminati oleh masyarakat
                                                            BAB II
                                         PENJELASAN
A.DESKRIPSI USAHA
1.Data Perusahaan
           
           
Nama                         :  Perusahaan Brem “BAC”
            Tempat                      :  Desa Kaliabu,RT.02,RW.08,No.,Kec.Mejayan
            Basis Operasi           : Caruban,Madiun,Magetan dan lain-lain
            Bentuk Usaha          : Perdagangan dengan pengembangan Usaha                                                                      Mandiri Kecil dan Menengah
2.Data Pengusaha
           
            Nama                         :  Kiki Dwi Anjani
            TTL                              :  Madiun,13 Januari 1994
            Pendidikan               :  Sedang menempuh S1 Program Pendidikan                                                             Ekonomi dan Akuntansi di IKIP PGRI Madiun












                                      Alasan Pemilihan Bisnis
            Usaha pembuatan brem ini dipilih karena brem merupakan jajanan yang menjadi ikon kota Madiun.Jadi brem adalah jajanan khas yang berasal dari Madiun.Dengan demikian banyak masyarakat yang menjadikan brem sebagai oleh-oleh dari Madiun.Brem rasanya enak,baik untuk kesehatan bila mengkonsumsi tidak berlebihan dan harganya pun merakyat.Sehingga brem sangat diminati oleh masyarakat baik dari masyarakat kalangan atas maupun menengah kebawah.
            Oleh karena itu usaha pembuatan brem sangat menjanjikan karena banyak masyarakat yang suka dengan jajanan tersebut.Brem juga dapat dijadikan sebagai jajanan dirumah,arisan,snack,hajatan serta oleh-oleh khas Madiun.

                                                Analisis Pemasaran
1.Product(produk)
Produk yang direncanakan untuk diproduksi adalah Brem.Brem yang sudah diproduksi akan dikemas kertas transparan khusus makanan yang berisi 5 batang brem atau dalam kardus kecil yang berisi 3 potong brem,dapat juga dipesan sesuai selera konsumen.Di kertas atau kardus pembungkus tersebut akan disablon dengan label:BAC Brem,yang enak,tanpa bahan pengawet,dan sehat untuk dikonsumsi.
2.Place(lokasi/distribusi)
Usaha ini berlokasi di desa Darmorejo no.05 Caruban Madiun.Sasaran dari produk ini yaitu segala golongan masyarakat.Penjualan produk ini pada toko oleh-oleh,warung,kios,supermarket,swalayan,rumah makan,serta di pabrik langsung.
3.Price(harga)
Harga jual produk ini ditentukan dengan cara menghitung biaya produksi serta biaya lain-lain untuk operasionalnya.Harga jual dari Brem ini dalam kemasan bungkus kertas ataupun kardus yaitu Rp.5000,00 ataupun sesuai selera pembeli apabila langsung membeli di pabrik.
4.Promotion(promosi)
Promosi produk ini akan dipromosikan lewat radio lokal maupun lewat internet.Untuk promosi lewat internet akan dipromosikan lewat facebook,twiter,dan situs-situs e-bussiness lainnya.



                                      Analisis Operasional
1.Desain Produk
            Brem yang telah diproduksi akan dipasarkan dengan dikemas.Pengemasan berfungsi sebagai wadah tapi sisi lain pengemasan juga berfungsi sebagai pengembangan muatan misi dalam rangka persaingan pasar dan peningkatan penjualan.Dimana konsumen lebih tertarik pada produk yang dikemas dengan rapi dan menarik.
            Pada kemasan juga akan diberi label.Pemberian label berfungsi sebagai sarana informasi bagi konsumen serta sebagai promosi,jaminan atas kualitas produk.sarana merk dagang,logo perusahaan,nama dan alamat.Maka dalam kemasan akan disablon dengan label : “BAC Brem” dan logo perusahaan,nama,alamat,volume produk dan komposisi.
2.Proses Produksi
a.Bahan
           
Beras Ketan Putih
            Ragi
            Soda
            Air
            Esencce bila ingin membuat variasi rasa

b.Cara Pembuatan
1.  Beras ketan dicuci sampai bersih
2.  Ditanak seperti menanak nasi
3.  Setelah tape masak lalu diberi ragi yang ditumbuk halus untuk proses penapean
4.  Ketan yang sudah diberi ragi lalu di tape selama 7 hari
5.  Setelah menjadi tape,tape dpress pada alat pengepresan untuk menghasilkan sari tape                    tersebut
6.   Sari yang dihasilkan dari proses pengepresan lalu direbussampai mendidih
7.   Sari tape diberi soda secukupnya lalu di aduk mengunakan alat mixer dinamo
8.   Setelah itu diratakan pada loyang khusus
9.   Tunggu 12jam sampai adonan tersebut mengeras
10. Cetak/potong sesuai selera
11. Pengemasan








                                      Analisis Peluang Pasar
                Peluang pasar untuk produk Brem sangatlah besar yang didasarkan pada tingginya minat masyarakat terhadap produk brem karena rasanya yang enak serta harganya pun terjangkau.Brem dijadikan jajanan oleh-oleh khas dari Madiun menjadikan brem banyak diminati masyarakat.Sasaran produk brem ini adalah masyarakat Madiun dan sekitarnya.Tempat penjualanya pada toko oleh-oleh,kios,supermarket,rumah makan,atau pun di pabrik langsung.

                                      Tingkat Persainagan
                Para pengusaha brem tergolong cukup banyak,namun dapat disiasati dengan cara pengolahan brem secara tepat,pemilihan bahan yang tepat dan tidak mengunakan bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan.Serta para peminat brem sangat banyak dan semakin meningkat,oleh karena itu usaha pengolahan brem sangat menjanjikan.Agar konsumen tidak bosan pada rasa brem maka dilakukan variasi rasa seperti brem rasa nangka,mangga,jeruk,coklat,nanas,vanilla dan rasa brem yang lainnya yang tentunya dapat menarik para konsumen untuk membeli produk brem “BAC”.
                                                                                         

                                                                Analisis Keuangan
1.Analisis Biaya Usaha

a.Biaya Tetap

No
Uraian
Jumlah
(unit)
Harga @
(Rp)
Jumlah Harga
(Rp)
Masa Pakai
(Tahun)
1.
Panci baja
1
175.000
175.000
2
2.
Panci tembaga
1
200.000
200.000
2
3.
Alat press
1
5.000.000
5.000.000
7
4.
Mixer dinamo
1
2.000.000
2.000.000
5
5.
Centong kayu
2
5.000
10.000
1
6.
Iyan/Anyaman Banbu
2
30.000
60.000
1
7.
Cobek
1
15.000
15.000
3
8.
Meja panjang
1
120.000
120.000
2
9.
Bak
1
12.000
12.000
1

Total


7.592.000












b.Biaya Variabel

No
Uraian
Jumlah
(unit)
Harga @
(Rp)
Jumlah Harga
(Rp)
1.
Bahan Baku




Beras Ketan Putih
10 kg
8.000
80.000

Ragi
10 btr
100
1.000

Soda
1 botol
2.500
2.500
2.
Bahan Pelengkap




Kayu Bakar
20btng
1.000
20.000

Kardus Kecil
1pack
16.000
16.000

Kertas Pembungkus
1pack
6.000
6.000

Label
1brndel
5.000
5.000
3.
Tenaga Kerja




Pengolah Brem
2 orang
15.000
30.000

Pengantar Produk
1 orang
20.000
20.000

Total


180.500


Biaya variabel per bulan adalah Rp.180.500,00 x 30 = Rp.5.415.000,00


c.Biaya Lain-lain(per bulan)
No
Uraian
Jumlah
Unit
Harga @
(Rp)
Jumlah Harga
(Rp)
1.
Transportasi
1
Bulan
250.000
250.000
2.
Promosi
1
Bulan
100.000
100.000

Total



300.000



Jumlah Biaya Usaha

No
Jenis Biaya
Jumlah Biaya
(Rp/Bulan)
1.
Biaya Tetap
7.592.000
2.
Biaya Variabel
5.415.000
3.
Biaya lain-lain
300.000


13.307.000


Penerimaan dan Pendapatan

Jumlah Produksi
Harga @
Penerimaan Per Hari
(Rp)
Penerimaan Per Bulan
(Rp)
30 kemasan kardus
5.000
150.000
4.500.000
25 kemasan kertas
5.000
125.000
3.750.000
8kg Ampas Brem
1.500
12.000
360.000
Total


8.610.000
                                                         
BAB III
Kesimpulan

            Usaha Pembuatan Brem sangat lah menjanjikan karena banyak di minati oleh para masyarakat dari semua golongan.Dapat digunakan sebagai jajanan oleh-oleh dari Madiun,arisan,hajatan dan camilan.Jadi untukpemasarannya cukup di kios,swalayan,toko oleh-oleh maupun di pabrik brem.

Kebaikan:
Brem sebagai minuman beralkohol, jika dikonsumsi secukupnya, bermanfaat mencegah stroke dan penyakit jantung.

Keburukan:
Menjadi mudarat dan penyebab penyakit-penyakit tersebut bila kita berlebihan mengonsumsinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar